Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anak Yang Berbakti

Ada seorang anak yang sangat berbakti kepada Ibunya yang sudah tua, setiap hari ia memikul Ibunya kemana pun mereka pergi, bahkan ketika Ibunya hendak melakukan perjalanan haji dari Medinah ke Mekkah. Jika menggunakan bis, perjalanan dari Medinah ke Mekkah membutuhkan waktu 7-8 jam, apalagi dengan berjalan kaki.
Pada suatu hari Anak ini bertemu dengan Rasulullah SAW, Ia berkata pada Rasulullah.
"Ya Rasulullah, tiap hari saya memikul Ibu di punggung saya, kemanapun Ibu pergi sayalah kendaraannya. Ia akan berada di punggung saya setiap saat kecuali ketika Ibu sholat dan menunaikan hajatnya, bagaimana pendapatmu Ya Rasulullah?"
Rasul pun meneteskan airmata.
"Apa yang kamu lakukan adalah hal yang sangat baik, namun...seberapapun itu kau tidak akan pernah bisa membalas semua jerih payah dan kasih sayang orangtua yang telah melahirkan dan merawatmu itu".
Jika anak yang begitu berbakti menggendong Ibunya kemanapun pergi saja belum bisa membalas semua jerih payah orangtuanya, maka janganlah merasa sombong dan hebat hanya karena penghasilan beberapa juta yang sudah kita hasilkan sendiri sehingga kita berprilaku seolah-olah tidak membutuhkan orangtua lagi.

(Mengutip ceramah Uje di Harmoni Islam Trans 7)

5 comments:

gaelby mengatakan...

Thanks, pencerahnnya mengharu biru dan menyejukkan.
Ummi, ummi, ummi
izin follow blognya mbak,

dzadjakillah khairan katsira :)

Risma Hutabarat mengatakan...

Sampai kapanpun kita memang nggak akan bisa membalas kasih orang tua ya, mbak. Bahkan dengan pengorbanan darah sekalipun..
(Jadi pengen nelpon mama di Medan ni :D)

Female Stuffs
Mommy Mayonnaise
Perempuan Rumahan
Cerita Film

Elsa mengatakan...

HAAAAAAAAA???
yang sebegitunya aja belom bisa membalas???

lha terus...
kalo aku...


duuuuh
jadi maluuuu

Asty mengatakan...

Jangan sedih...kan setiap kebaikan yg kita lakukan pasti akan mendapat pahala dari Tuhan ;-)

Iyan mengatakan...

Cinta orang tua (ibu) sepanjang jalan sedangkan cinta anak sepanjang galah. Artinya cinta ibu kepada anak tidak pernah ada batasnya sedangkan cinta anak lebih pendek dari panjang galah. Pengorbanan ibu melebihi segala-galanya bahkan nyawanya pun akan diberikan bila diminta. BERAPAPUN yang kita berikan kepada mereka tidak sebanding dengan pengorbanan yang mereka telah berikan kepada kita. Orang tua memelihara dan merawat kita dengan penuh harap agar kita tetap hidup. Sedangkan jika memelihara mereka di masa tuanya kita berharap sebaliknya KAPAN MEREKA MATI. Naudzu billah min dzalik.